Skip to main content

KEBUGARAN JASMANI

 Asalamualaikum Wr. Wb. 

Sesuai dengan judul blog yang saya tulis kali ini saya akan mencoba membahas tentang kebugaran jasmani...
Pasti sudah tidak asing buat kita namanya olahraga pasti berhubungan dengan kebugaran terutama jasmani kita atau fisik kita... Yuk kita mulai membahas tentang kebugaran jasmaninya...

Apa sih kebugaran jasmani itu ??

Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Jadi dengan kata lain bahwa kebugaran jasmani itu kemampuan tubuh atau fisik kita agar tidak mudah lelah maupun kuat dalam melakukan aktifitas sehari-hari. 

Untuk mempunyai kebugaran jasmani ini tidak mudah loh.. Untuk mendapatkan kebugaran jasmani yang baik harus melakukan beberapa macam komponen atau macam-macam latihan yang terdapat pada tema kita kebugaran jasmani.  

Apa saja komponen yang terdapat pada kebugaran jasmani ini ??

Komponen atau macam-macam latihan yang terdapat pada kebugaran jasmani adalah :

1.    Daya tahan (Endurance)
Endurance atau daya tahan adalah kemampuan seseorang melaksanakan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang cukup lama dan dengan tempo sedang sampai cepat tanpa mengalami rasa sakit dan kelelahan berat. 
Latihan endurance atau daya tahan ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
  • Daya tahan otot atau muscular endurance 
  • Daya tahan jantung dan paru atau cardiorespiratory endurance
     2.  Kekuatan (Strenght)
Kekuatan adalah kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu  bekerja. Kekuatan otot dapat diraih dari latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit. Dalam kata lain strenght ini bertujuan untuk membesarkan masa otot sehingga tubuh kita siap menerima beban berlebih dari biasanya.
Latihan strenght atau kekuatan ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
  • Latihan kekuatan dengan menggunakan berat badan sendiri atau own bodyweight.
  • Latihan dengan alat atau bebannya dengan menggunakan bantuan alat seperti gym.

    3Kecepatan (Speed)
   Kecepatan (speed) adalah kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat singkat. Kecepatan bersifat lokomotor dan gerakannya bersifat siklik, artinya satu jenis gerak yang dilakukan berulang-ulang seperti lari atau kecepatan gerak bagian tubuh seperti pukulan. Dalam kata lain kecepatan adalah suatu kemampuan bergerak dengan waktu yang singkat atau cepat.

    4. Kelincahan (Agility)
  Kelincahan (agility) adalah kemampuan untuk mengubah arah atau posisi tubuh dengan cepat dilakukan bersama-sama dengan gerakan lainnya. Bagi pelajar sekaligus masyarakat, kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani yang harus dimiliki. Kelincahan bagi pelajar menjadi ciri khas dalam bertindak. Kelincahan dapat diprioritaskan dalam latihan bagi masyarakat untuk melatih kebugaran jasmaninya.

5. Kelenturan (Flexibility)
Kelenturan ( flexibility) adalah Kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuh atau bagian-bagian dalam satu ruang gerak yang seluas-luas, tanpa mengalami cedera pada persendian dan otot sekitarnya persendian.

Mungkin sekian materi atau pembahasan yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat buat kalian terutama yang ingin tau dan mengenal tentang kebugaran jasmani yang selama ini hanya terdengar namanya tanpa mengetahui detailnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dari penulisan saya baik dari kata-katanya ataupun penjelasannya...

Stay healthy and Salam olahraga.... 






Comments

Popular posts from this blog

Olahraga Dan Corona

Haiii Kaum Rebahan... Saya ingin mencoba menulis dan berbagi sedikit informasi yang saya tau... Mengingat belakangan ini yang sedang santernya tentang wabah yang cukup mengerikan yang biasa disebut CORONA (COVID-19). Seberapa bahayanya sih wabah ini ? “pasti bahaya banget karena memakan korban” Ada ga sih cara meminimalisir atau mencegahnya ? “Ada kok dengan hidup yang bersih dan sehat minimal bisa mencegah virus ini” Nah disini saya ingin membahas bagaimana hidup sehat... Mungkin kalau hidup resik dan bersih sudah di sampaikan pemerintah dengan Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, menggunakan hand sanitizer, Jangan menyentuh apapun apabila dari luar langsung mandi dan ganti pakaian, dan masih banyak deh anjuran dari pemerintah. Nah waktunya saya membahas hidup sehat yang identik dengan olahraga dan makan yang teratur gizi yang pasti bisa 4 sehat 5 sempurna. Seberapa penting sih olahraga ? Buang-buang waktu aja mending tidur... “Penting banget loh olahraga itu b