Skip to main content

Olahraga Dan Corona


Haiii Kaum Rebahan...
Saya ingin mencoba menulis dan berbagi sedikit informasi yang saya tau...
Mengingat belakangan ini yang sedang santernya tentang wabah yang cukup mengerikan yang biasa disebut CORONA (COVID-19).
Seberapa bahayanya sih wabah ini ? “pasti bahaya banget karena memakan korban”
Ada ga sih cara meminimalisir atau mencegahnya ? “Ada kok dengan hidup yang bersih dan sehat minimal bisa mencegah virus ini”
Nah disini saya ingin membahas bagaimana hidup sehat... Mungkin kalau hidup resik dan bersih sudah di sampaikan pemerintah dengan Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, menggunakan hand sanitizer, Jangan menyentuh apapun apabila dari luar langsung mandi dan ganti pakaian, dan masih banyak deh anjuran dari pemerintah. Nah waktunya saya membahas hidup sehat yang identik dengan olahraga dan makan yang teratur gizi yang pasti bisa 4 sehat 5 sempurna.
Seberapa penting sih olahraga ? Buang-buang waktu aja mending tidur...
“Penting banget loh olahraga itu bisa menjaga kekebalan tubuh dan menghilangkan jenuh bahkan apabila prestasi hasilnya bisa untuk tabungan masa depan... Untuk yang masih berfikiran mending tidur daripada olahraga apakah ini masih berlaku pada saat wabah corona melanda ? saya pikir tidak bahkan para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk olahraga dan berjemur dengan matahari setiap harinya’’
Mungkin saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana olahraga yang simple dan mudah dilakukan walaupun dilakukan dirumah.
1.      Kita bisa melakukan olahraga daya tahan jantung atau cardio yang bisa dilakukan dirumah, contoh :
·        Lari
Lari yang saya maksud kalian tidak harus lari kaya biasanya yang jauh seperti muterin komplek perumahan ataupun joging track, kalian bisa melakukan lari di tempat 5 menit, bisa dilanjut high knee atau gerakannya mengangkat paha keatas selama 3 menit dan jump selama 2 menit. Semua itu bisa dilakukan dengan intensitas sedang tidak pelan maupun kencang sedang-sedang saja.

·        Senam
Mungkin untuk olahraga ini sudah tidak asing buat kita, olahraga ini adalah olahraga yang mengkombinasikan gerakan pemanasan inti dan pendinginan yang sepanjang gerakan akan diharmoniskan dengan irama musik sebagai penunjang koreo gerakan senamnya. Senam disini bisa dilakukan dengan senam kreasi, senam aerobic, zumba maupun yoga semua bisa dilakukan dirumah dengan melihat youtube dan dilakukan sendiri.

·        Latihan strenght
Latihan atau gerakan ini untuk yang ingin membentuk tubuh menjadi ideal atau body goal dan biasanya dilakukan setelah melakukan latihan seperti lari, senam sebelum kita melakukan pendinginan atau coolingdown. Mungkinn saya akan memberi sedikit gerakan yang mudah dan bisa dilakukan dirumah tanpa alat gym atau fitnes.

1.      Squat
Gerakan squat adalah salah satu latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot, jika anda melakukan latihan secara teratur, maka anda dapat mengencangkan otot paha dan bokong serta meningkatkan sirkulasi pencernaan. Adapun cara melakukan squat sebagai berikut :
o   Awali dengan posisi berdiri tegak.
o   Buka kedua kaki selebar bahu.
o   Turunkan tubuh anda dengan mendorong punggung dan bokong anda ke belakang sehingga tungkai membentuk siku 90 derajat, sambil naikkan kedua lengan anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan.
o   Pada saat tungkai membentuk siku 90 derajat posisi lutut ditak boleh melewati ujung jari kaki, dan posisibadan atau dada harus tegak atau dibusungkan tidak boleh membungkuk. Lalu angkat lagi kembali ke posisi awal.
o   Gerakan ini bisa dilakukan 12 kali dengan 3 pengulangan.



2.      Plank
Plank adalah salah satu olahraga yang dilakukan untuk mendapatkan perut rata. Manfaaat plank lainnya juga untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap proporsional. Posisi plank tidak berbeda jauh dengan push up. Tetapi, Anda harus menahan posisi selama beberapa menit dengan menumpukan tubuh pada tangan dan ujung kaki. Gerakan ini bisa dilakukan 30 detik kali 3 pengulangan atau 30 second 3 set.

3.      Sit up
Sit up merupakan salah satu jenis latihan olahraga yang melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut, namun juga otot dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher. Adapun cara melakukannya sebagai berikut :
o   Mulailah dengan berbaring dalam kondisi tubuh yang rileks.
o   Lanjutkan dengan menekuk lutut dengan telapak kaki tetap berada dilantai agar tubuh tetap stabil.
o   Selanjutnya silahkan silangkan tangan diatas dada/tekuk tangan didekat telinga.
o   Angkatlah badan keatas kearah lutut sembari mengeluarkan nafas kalian.
o   Turunkan tubuh kalian ke posisi berbaring sembari menarik nafas, dan ulagi berulang-ulang gerakan tersebut sebanyak 10 kali dengan 3 pengulangan atau 10 repetisi 3 set.


·        Setelah melakukan semua gerakan olahraga tersebut jangan lupa melakukan pendinginan atau coolingdown.

mungkin ini beberapa contoh olahraga atau latihan simple yang bisa saya bagikan. Mohon maaf apabila ada kekurangan dari saya, semoga bermanfaat...
SALAM OLAHRAGA... STAY HEALTHY GUYS....

Comments

  1. Squat, plank, agenda wajib yoga di pagi hari. Salam Olahraga

    ReplyDelete
  2. Baiklah.. Saya akan lari di tempat tiap hari selama 5 menit di dalam rumah...hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KEBUGARAN JASMANI

 Asalamualaikum Wr. Wb.  Sesuai dengan judul blog yang saya tulis kali ini saya akan mencoba membahas tentang kebugaran jasmani... Pasti sudah tidak asing buat kita namanya olahraga pasti berhubungan dengan kebugaran terutama jasmani kita atau fisik kita... Yuk kita mulai membahas tentang kebugaran jasmaninya... Apa sih kebugaran jasmani itu ?? Kebugaran jasmani  adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Jadi dengan kata lain bahwa kebugaran jasmani itu kemampuan tubuh atau fisik kita agar tidak mudah lelah maupun kuat dalam melakukan aktifitas sehari-hari.  Untuk mempunyai kebugaran jasmani ini tidak mudah loh.. Untuk mendapatkan kebugaran jasmani yang baik harus melakukan beberapa macam komponen atau macam-macam latihan yang terdapat pada tema kita kebugaran jasmani.    Apa saja komponen yang terdapat pada kebugaran jasmani ini ?? Komponen ata